BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Tuesday, May 4, 2010

Sesame Street bukan Jalan Sesama

Menguasai Bahasa Inggris, di masa sekarang, udah menjadi satu keharusan. Mau masuk sekolah, universitas, ngelamar kerja, pasti Tes Bahasa Inggris jadi salah satu menu seleksi. Sekolah-sekolah formal n informal yang negajarin Bahasa Inggris juga makin banyak. Cas-cis-cus ngomong English, kayanya dianggap jadi syarat anak gaul (thx to Cinta Laura :p)

Waktu zaman gw kecil dulu, bedanya sama anak sekarang, gw termasuk yang males buat ikutan les Bahasa Inggris. Buat gw, daripada pulang sekolah or sore-sore berkutat lagi sama pelajaran, mendingan maen di luar, maen sepeda, maen bola, maen layangan, maen petak umpet (yes, I'm such a tomboy since my childhood days), dan mainan outdoor lainnya. 

Buktinya, gw masih bisa belajar Bahasa Inggris dengan baik n sampai sekarang gw ga pernah ikutan kursus Bahasa Inggris n still managed to reach 590-600 points for TOEFL *belagu mode : on* :)

Rahasianya, gw bener-bener belajar Bahasa Inggris dari basic n in a fun way. Jadi, gw belajar Bahasa Inggris, karena gw emang suka n cinta sama Bahasa Inggris. Efeknya, gw belajar tanpa beban n lebih cepet nyerap materi. How ? I learned the fun English from ....

Belajar A-B-C, ngitung, simple vocabulary. Semua lewat satu serial ini. Dan semuanya in English (with Indonesian subtitles), jadi original. Bukan didubbing kaya zaman sekarang. Gw dulu selalu bawa notes n pensil warna buat nulis kata-kata baru yang didapet dari Sesame Street. It worked perfectly well..

Makanya gw langsung "gubrak", pas dulu ada Sesame Street yang didubbing.. or worse, sekarang ada versi Indonesianya, Jalan Sesama. WTF??!! Makin ilang aja esensi "how to learn English in a fun way". No wonder, produk abad 21 di antaranya adalah anak-anak yang ga mau susah, ngegampangin, kurang kreatif, dan muncul generasi ALAY.. ckckckckck...

Bandingkan personel Sesame Street dengan si versi "ga-mau-susah-jadi-terjemahin-aja-deh" Jalan Sesama :

ini Sesame Street gank



ini si versi terjemahannya, asli, gw mah ga bangga :p

That's why, jadi pengen bikin gerakan "We want the real Sesame Street", biar anak-anak Indonesia, bukan sekedar jadi jiwa penerjemah, tapi juga bisa mengkreasikan sesuatu yang lebih oke dari budaya aslinya.

We used to have Si Komo and the Gank. Gw masih lebih respect sama ciptaan Kak Seto itu, karena emang bikin program original, asli buatan Indonesia.


Well, sekarang kita nostalgia dulu aja sambil nyanyi theme songnya Sesame Street, sambil berjuang memberikan yang terbaik buat generasi penerus bangsa :) 

Sunny Day
Sweepin' the clouds away
On my way to where the air is sweet

Can you tell me how to get,
How to get to Sesame Street

Come and play
Everything's A-OK
Friendly neighbors there
That's where we meet

Can you tell me how to get
How to get to Sesame Street

It's a magic carpet ride
Every door will open wide
To Happy people like you--
Happy people like
What a beautiful

Sunny Day
Sweepin' the clouds away
On my way to where the air is sweet

Can you tell me how to get,
How to get to Sesame street...
How to get to Sesame Street
How to get to...

No comments: